Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Provinsi Henan, China Dilanda Banjir Terparah

 


China dilanda Banjir mematikan akibat hujan lebat dalam 1.000 tahun. Provinsi Henan, dengan ibukotanya Zhengzhou menjadi wilayah yang berdampak banjir paling parah. Hujan lebat menyebabkan sungai-sungai utama dan menyebabkan sungai-sungai besar meluap pada Selasa (20/07).

Energi juga lumpuh total di kawasan itu. Listrik untuk warga kini sebagian besar warga padam. Hujan telah terjadi sejak 17 Juli dan terus datang hingga Selasa sore. Banjir diperkirakan akan terjadi hingga tiga hari ke depan.

Dalam pernyataan terbarunya, Presiden China Xi Jinping menyatakan banjir di Provinsi Henan adalah salah satu bencana yang sangat parah. Ia menyebut beberapa waduk dan bendungan penampungan air bahkan jebol dan tidak mampu menahan debit air.

Pejabat kota Zhengzhou mengunggah pesan di Weibo, ia mengatakan bahwa ada 12 orang yang tewas dan 5 orang terluka, saat ratusan orang diselamatkan dari kereta bawah tanah. Penumpang berjuang melawan air yang naik dengan cepat di dalam gerbong kereta.

Setidaknya 12 orang tewas dan nyaris 200 ribu penduduk di evakuasi karena banjir yang disebut hujan paling lebat di China dalam seribu tahun belakangan.

Sejumlah video di media sosial melihatkan para pengunjung stasiun berjibaku didalam ruangan yang sudah dibanjiri air hujan.

Pemerintah setempat memang memberhentikan sejumlah model transportasi yang mengandalkan listrik.


Sekian, terima kasih sudah berkunjung ke alhuda14.net

Posting Komentar untuk "Provinsi Henan, China Dilanda Banjir Terparah"