Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Keyboard Sering Error? Begini Solusinya

 


Keyboard merupakan perangkat keras pada komputer atau laptop yang digunakan sebagai alat untuk input data berupa huruf, angka dan simbol.  Fungsi keyboard sangat penting karena sebagai perintah yang berupa teks dan kontrol lain dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui keyboard. 

Akan tetapi jika keyboard error, maka kalian harus tau cara mengatasinya. Beberapa orang pasti merasa kesulitan karena keyboard yang tiba-tiba error seperti mengetik sendiri. Fungsi keyboard cukuplah penting untuk membuat komputer maupun laptop berjalan dengan semestinya. Di laptop sendiri, keyboard diciptakan menyatu dengan badan laptop, sehingga membuat laptop menjadi lebih simpel dan ringkas. 

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan error pada keyboard;

1. Debu yang menyelip di bagian tombol keyboard 

Debu bisa saja menyelip di bagian tombol keyboard karena penggunaan laptop yang sering digunakan di ruangan terbuka. Selain itu,  remah-remah makanan yang terjatuh ke dalam keyboard juga dapat menimbulkan keyboard mengetik sendiri. 

2. Sering ditindih oleh benda berat atau terlalu sering digunakan

Penyebab kedua ini bisa dikarenakan oleh manusia  sendiri.  Biasanya, secara tidak sadar,  kita sering meletakkan sesuatu yang sangat berat di bagian keyboard. Hal ini akan menyebabkan keyboard menjadi tertekan sangat keras dan sangat kuat, sehingga tombol keyboard menjadi sanagt sensitif. 

3. Laptop yang jarang digunakan

Laptop yang jarang digunakan dan juga jarang dibersihkan juga akan menjadi salah satu yang membuat laptop error.  Tak hanya keyboard saja akan tetapi juga pada perangkat yang lainnya seperti baterai juga bisa rusak jika lama tak digunakan. Maka dari itu walau jarang di gunakan kamu harus tetap membersihkan laptop secara  rutin ya gaes. 

4. Terjadi Error

Sebuah sistem terkadang juga dapat mengalami error, tak terkecuali dengan keyboard. Mungkin salah satu penyebab dari keyboard laptop mengetik sendiri adalah terjadi error pada driver yang terinstall pada laptop kamu.  Untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu melakukan update driver atau mengganti driver keyboard yang terpasang pada laptop kamu. 


Setelah mengetahui penyebab terjadinya keyboard laptop yang mengetik sendiri,  kini saatnya kamu mengetahui cara apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. 

1. Jalankan Troubleshoot keyboard 

Windows menyediakan fitur Troubleshoot yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada Windows. Fitur ini berfungsi untuk mendeteksi masalah apa yang terjadi pada laptop atau komputer dan juga solusinya. Apabila masalah tersebut  terjadi karena software yang bug atau glitch,  maka fitur Troubleshoot dapat mengatasinya. 

2. Update Driver Keyboard 

Apabila solusi keyboard laptop mengetik sendiri yang pertama tersebut masih belum berhasil, bisa jadi kesalahan tersebut memang diakibatkan oleh driver keyboard. Untuk itu kamu perlu mengupdate driver keyboard. 

3. Matikan fitur Sticky Keys

Apabila kamu membeli laptop bekas, kemungkinan pemilik laptop sebelumnya mengaktifkan fitur sticky keys. Fitur tersbut berfungsi untuk mengubah fungsi dari sebuah tombol, sehingga jika kamu menekan tombol tersebut, kemungkinan hasilnya tidak sesuai. 

4. Bersihkan debu dari keyboard 

Jika semua cata tadi dilakukan dan keyboard masih tetap error, maka bisa dipastikan kerusakan terjadi pada hardware keyboard kamu. Cara paling ampuh adalah membersihkan pada bagian keyboard kamu. 

5. Gunakan keyboard eksternal

Masih ada cara lain yaitu dengan mengganti keyboard laptop dengan keyboard eksternal yang biasa digunakan pada komputer. Untuk menggunakan keyboard eksternal tersebut, kamu harus menonaktifkan keyboard internal terlebih dahulu agar tidak muncul lagi tombol-tombol yang menekan dengan sendirinya. 


Begitulah beberapa cara membenahi keyboard yang error, daripada repot-repot harus keluar rumah, lebih baik lakukan dulu cara-cara diatas. Selamat mencoba gaes. 


Sekian, terima kasih sudah berkunjung ke alhuda14.net

Posting Komentar untuk "Keyboard Sering Error? Begini Solusinya"