Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menanjakknya Roda Perekonomian Indonesia

 Covid-19 Indonesia - Kisah sukses pengendali di Indonesia yang disebabkan oleh laju vaksinasi anti virus Covid-19 yang terus di galakkan.



Per 7 April 2021, Catatan Data Dunia Kita sudah 8,49 juta orang di Indonesia yang menerima vaksinasi penuh. Ini adalah peringkat ketujuh dunia.

Seiring vaksinasi dan dibukanya aktivitas publik secara bertahap membuat mobilitas masyarakat meningkat. Salah satunya adalah di lokasi blokir dan rekreasi.

Mengutip laporan Covid-19 Community Mobility Report, tingkat kunjungan masyarakat ke lokasi tersebut per 6 Mei 2021 hanya 2% di bawah normal. Rata-rata kunjungan dalam 14 hari terakhir adalah 9,21% di bawah hari biasa, lebih ramai-rata-rata 14 hari sebelumnya yaitu 17% di bawah normal.

Peningkatan kunjungan masyarakat ke lokasi ternyata tidak hanya cuci mata, window shopping, atau nongkrong. Namun betul-betul berorientasi.

Pada April 2021, Bank Indonesia (BI) mencatat rata-rata porsi untuk konsumsi adalah 75,5% .ini adalah yang tertinggi setidaknya sejak 2021.

Menariknya, hanya masyarakat dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta / bulan yang membukukan peningkatan konsumsi.

Artinya, orang-orang kaya yang memberontak.

Mengutip kajian Opportuniy Insight, lembaga riset di Universitas Harvard, konsumsi masyarakat yang mampu berpengaruh terhadap ekonomi secara keseluruhan.

Mengacu pada resesi di Amerika Serikat (AS) tahun lalu, penurunan konsumsi di kelompok 25% masyarakat terkaya menyumbang separuh dari anjloknya konsumsi rumah tangga di negeri Paman Sam.

"Tidak hanya dari sisi persentase, nominal konsumsi kelompok ini juga menyumbang separuh dari total konsumsi," kata Raj Chetty, Profesor Ekonomi Universitas Harvard.

Dengan kekuatan yang besar, konsumsi orang kaya mampu menggerakkan ekonomi dalam skala luas.

Sebab kelompok ini sudah selesai dengan urusan perut, pengeluaran mereka sudah lebih dari itu.

Hasilnya, lebih banyak sektor usaha yang menikmati sehingga roda ekonomi bisa berputar lebih kencang.


Sekian, terima kasih sudah berkunjung ke alhuda14.net

1 komentar untuk "Menanjakknya Roda Perekonomian Indonesia"

Miarawati 27 Mei 2021 17.51 Hapus Komentar
durung medal ikln