Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penyesalan Terbesar Warren Buffett Yang Berharga 17 Miliar USD

 


Warren Buffett dikenal sebagai salah satu investor tersukses sepanjang sejarah. Tapi menariknya, seperti yang diakui oleh Buffett, investor terbaik sekalipun pernah berkali-kali membuat kesalahan.

Ada banyak banget pembelajaran yang bisa kita ambil dari seorang investing legend yang sudah terjun di dunia investasi saham selama sekitar 80 tahun ini.

Dan ini salah satu penyesalan terbesar Buffett yang bisa kamu ambil hikmahnya.

The Walt Disney Company

Dulunya bernama Walt Disney Productions ini adalah salah satu konglomerat media terbesar di dunia yang juga membawahi National Geographic, ABC, ESPN, Pixar, Marvel Entertainment hingga 20th Century Fox.

Berawal dari sebuah film yang menggabungkan animasi dengan live action yang disebut Alice's Wonderland, Disney kemudian mendapat kerjasama kontrak dari distributor pertamanya pada tahun 1923 dan ini menjadi awal berdirinya perusahaan Disney.

Masuknya Warren Buffett pada tahun 1966, Buffett melihat hal yang menarik dari bisnis Disney. Perusahaan menghasilkan sekitar $21 juta laba sebelum pajak di tahun 1965 dengan kapitalisasi pasar antara $80-90 juta dan Disney juga memiliki lebih banyak uang daripada utang.

Bisnis yang sedang dijalankan Disney membuat Buffett dan Charlie Munger, partnernya dalam menjalankan Berkshire Hathaway jatuh hati dan membuat Buffett membeli 5% dari saham perusahaan atau senilai $4 juta dan menjualnya kembali setahun di harga $6,2 juta dengan keuntungan 55%.

Buffett menjual saham Disney ketika perusahaan ditinggal mati oleh sang pendiri dan sedang mengalami kekacauan finansial. Meskipun kemudian penjualan saham Disney menjadi sebuah penyesalan bagi Buffett, ia kemudian diberikan kesempatan untuk memiliki Disney di tahun 1996.

Ketika perusahaan ABC diakuisisi oleh Disney yang membuat Buffett mewarisi 21 juta saham Disney. Tapi lagi-lagi Buffett melepas sahamnya secara berangsur-angsur sampai tahun 2000.

Kalau dulu sahamnya gak Buffett jual sampai hari ini, kira-kira nilai investasi Buffett di Disney jadi berapa ya sekarang?

Tapi sebelum itu kita bahas dulu kondisi perusahaan Disney di tahun 1966 VS sekarang.

Saat Buffett beli sahamnya di tahun 1965, kondisi Disney saat itu perusahaan pemasok hiburan keluarga yang paling terkenal di Abad ke-20 yang memproduksi puluhan film animasi melegenda. Selain memiliki studio film produksi film sendiri, di tahun 1955 juga Disney mulai mendirikan perusahaan distribusi sendiri agar bisa mengendalikan penuh film dan pemasarannya.

Pada saat itu juga perusahaan meluncurkan taman hiburan barunya, Disneyland, yang dibuka pada tahun 1955 di Anaheim, California. Ya Disney sedang bertumbuh pesat di industri hiburan, tapi masih jauh dari kondisi sekarang.

Meskipun film menjadi komponen utama Disney, itu hanya satu dari sekian banyak usaha Disney yang sukses di hari ini. Untuk memberikan pengalaman lebih, Disney tak hanya membangun taman hiburan dan resort, tapi juga menawarkan pengalaman berlayar menggunakan kapal ke pulau Karibia.

Selain memiliki layanan penyiaran melalui ABC network dan ESPN network, Disney juga kemudian membeli Pixar, mengakuisisi Marvel Entertainment, mengakuisisi Lucasfilm Ltd yang membuat Disney memiliki hak franchise atas Star Wars, lalu membeli saham 21st Century Fox yang termasuk studio film 20st Century Fox.

Tak cukup sampai situ, pada November 2019, Disney memasuki pasar streaming lewat Disney +, layanan video langganan yang mengumpulkan beberapa film dan film televisi paling terkenal di dunia dalam satu platform.

Selain menjadi salah satu konglomerat hiburan terbesar di dunia, Disney juga secara konsisten masuk peringkat 50 perusahaan teratas di Amerika.

Jika kalau tahun 1966 lalu Buffett gak jual sahamnya Disney dan masih pegang sampai sekarang, kepemilikan 5% sahamnya bernilai $17,8 miliar.

Uang $17,8 miliar kalau dirupiahkan jadi berapa banyak? Banyak banget saking banyaknya kalau uangnya dibeliin seluruh sahamnya Astra Internasional aja masih sisa 30 triliun lagi !!!

Selain untung dan rugi, di pasar saham ternyata ada juga istilah gak jadi untung.

Buat kasus ini cukup belajar dari Warren Buffett aja ya, kalau bisa kamu jangan sampai ngalamin.


Sekian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan terima masih sudah berkunjung ke alhuda14.net

Posting Komentar untuk "Penyesalan Terbesar Warren Buffett Yang Berharga 17 Miliar USD"