Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Orang Terkaya RI Berubah, Sri Mulyani: Saya Terpaksa Ganti ...



Orang yang didapuk sebagai orang terkaya se-Indonesia Raya kini sudah disimpan oleh Rio Silaban. Dia ditunjuk langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani sebagai Direktur Jenderal Kekayaan Negara untuk menggantikan Isa Rachmatawarta.

Sri Mulyani mengatakan bahwa udah harus mengganti status orang kaya se-Indonesia Raya itu.

Isa Rachmatawarta sendiri sempat di media sosial beberapa waktu lalu, kala. Sri Mulyani menyebut pejabatnya itu merupakan orang terkaya di Indonesia karena aset negara yang bernilai puluhan ribu triliun.

"Sudah terlanjur terkenal sebagai orang terkaya di Indonesia, hari ini sudah diganti statusnya sebagai orang terkaya di Indonesia. Saya kasih kepada Pak Isa," kata Sri Mulyani dalam pelantikan Eselon I Kementrian Keuangan beberapa waktu lalu, dikutip Minggu (4/4/2021) .

Kekayaan yang dimaksud Sri Mulyani adalah milik perorangan, melainkan milik bangsa dan negara Indonesia. Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Negara sendiri adalah aset milik negara.

Mengutip Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2019, total aset pemerintah pusat per 31 Desember 2019 menawarkan Rp 10.467,53 triliun. Aset lancar Rp 491,86 triliun, investasi jangka panjang Rp 3.001,2 triliun, aset tetap Rp 5.949,59 triliun, rekening jangka panjang (netto) Rp 56,88 triliun dan aset lainnya Rp 967,98 triliun.

Dengan statusnya sebagai Direktur Jenderal Kekayaan Negara, kekayaan Rio Silaban kini lebih banyak kawanan duo Hartono Bersaudara, orang terkaya Tanah Air versi Forbes.

Per Desember 2019, pemilik pemilik gtup Djarum itu ditaksir US $ 37,3 miliar atau sekitar Rp 525 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.000.

"Pak Isa orang paling kaya di seluruh Indonesia. (Kekayaan itu) didapat dari uang pajak, uang bea cukai, uang PNBP, dan juga utang," jelas Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Posting Komentar untuk "Orang Terkaya RI Berubah, Sri Mulyani: Saya Terpaksa Ganti ..."