Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudik Jadi Dilarang ; Ada Suka dan Duka

 


Mudik 2021 resmi dilarang - Pemerintah resmi memperketat aktivitas perjalanan mudik lebaran tahun ini. Untuk itu pada 22 April- 5 Mei dan 18 Mei-24 Mei akan diberlakukan masa berlaku surat tanda negatif untuk pelaku perjalanan, baik hasil Antigen atau PCR maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif GeNose dari tempat keberangkatan.

Selama periode larangan mudik lebaran 2021 pendapatan operator bus terancam nihil. Aksi refund tiket juga marak terjadi. Pembatasan aktivitas mobilitas publik ini tentu saja juga berdampak ke sektor lainnya seperti pariwisata yang sudah menjadi korban selama satu tahun terakhir. Hotel-hotel terpaksa harus sepi pengunjung kali ini.

Bagi perekonomian secara keseluruhan dampak pembatasan aktivitas mudik ini juga menimbulkan serangkaian konsekuensi. Aliran konsumsi berpotensi hanya terbatas pada kota-kota besar saja. Hal ini berarti perekonomian daerah yang biasanya bergeliat saat lebaran terancam tak kebagian jatah.

Namun di sisi lain adanya kebijakan pencairan tunjangan hari raya (THR) secara penuh diharapkan yang menjadi tulang punggung perekonomian domestik selama ini.

Ada harapan bahwa uang THR akan dibelanjakan ke produk-produk berup makanan hingga fashion sebagaimana yang terjadi selama ini dan menjadi tradisi di kalangan masyarakat Tanah Air sehingga bisa memberikan sedikit nafas bagi pebisnis ritel karena bisa mengerek pendapatan yang selama ini tertekan.

Pemerintah akan turut bagi-bagi diskon gratis ongkos kirim saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) bulan Ramadhan ini. Anggaran yang digelontorkan oleh pemerintah senilai Rp 500 miliar. Nilai transaksi pada Harbolnas tahun ini ditargetkan naik hampir dua kali lipat dari tahun lalu.

Stimulus kali ini diharapkan bisa merembet ke berbagai sektor mata rantai ekosistem digital e-commerce seperti logistik, hingga uang elektronik. Sampai di sini jelas terasa sektor yang diuntungkan dan dirugikan oleh  kebijakan pemerintah untuk melarang mudik kali ini.

Posting Komentar untuk "Mudik Jadi Dilarang ; Ada Suka dan Duka"