Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-hati, Nyanyi Lagu Orang Bisa Kena Royalti!


 

Putar lagu sekarang wajib bayar royalti?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini resmi mengatur pembayaran royalti tentang hak cipta lagu dan musik. Aturan ini tertuang lewat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021.

Nah, royalti yang dimaksud adalah imbalan atas pemanfaatan hak ekonomi suatu karya kepada pencipta atau pemilik hak yang karyanya diputar dalam beberapa tempat secara komersial.

Tempat-tempat mana saja yang terdampak aturan ini?

Penggunaan lagu dan musik secara komersial ini meliputi seminar dan konferensi komersial, restauran, kafe, pub, bar, distro, klub malam, diskotik, konser musik, pesawat, bus, kereta api, kapal laut, pameran dan bazar, bioskop, serta nada tunggu telepon.

Kemudian bank dan kantor, pertokoan, pusat rekreasi, tempat penyiaran radio, hotel, kamar hotel, dan fasilitas hotel serta usaha karaoke, bagian penyiaran televisi.

 Jadi, bagaimana sistem pembayaran royaltinya?

Nah, royalti ini nantinya akan dibayarkan kepada pencipta atau pemegang hak cipta lagu melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN), dengan mengajukan permohonan lisensi kepada pemegang hak cipta atau pemilik hak terkait.

Royalti yang telah dihimpun LMKN selanjutnya akan didistribusikan kepada pencipta, pemegang hak cipta, pemilik hak terkait yang telah menjadi anggota LMK, serta digunakan sebagai dana operasional dan dana cadangan.

Berapa tarif royalti lagu yang harus dibayar pengelola pusat rekreasi dan karaoke?

Menurut situs LMKN, untuk pusat rekreasi yang memberlakukan sistem tiket dikenakan biaya royalti lagu dengan perhitungan harga tiket masuk x1,3 persen jumlah pengunjung x 300 hari x presentasi penggunaan musik per tahun.

Sementara itu, pusat rekreasi di dalam ruangan yang tidak menggunakan tiket maka perhitungannya besaran tarif royalti lagunya Rp 6 juta pertahun.

Sedangkan untuk tempat karaoke, biayanya berkisar antara Rp 20.000 per ruangan/hari hingga Rp 50.000 per ruangan/hari.

Gimana menurutmu gaes??


Sekian, terima kasih sudah berkunjung ke alhuda14.net

Posting Komentar untuk "Hati-hati, Nyanyi Lagu Orang Bisa Kena Royalti!"