Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cuan Bitcoin Bisa Ngalahin Saham Dan Emas

 


Bitcoin Indonesia - Pekan ini bukan periode yang menyenangkan investor mata uang kripto. Tiga mata uang utama (Bitcoin, Etherium, Ripple) terkoreksi sangat dalam.

Dalam sepekan terakhir, bitcoin anjlok 15,54%. Sementara Ethereum 3,75% dan Ripple ambrol 32,17%.

Berbagai kabar buruk mendera mata uang kripto. 

1. Presiden Amerika serikat (AS) Joseph Biden berencana menaikkan pajak atas capital gain hampir dua kali lipat menjadi 39,6% bagi mereka yang berpendapatan US$ 1 juta/tahun.

2. Ada komentar menghebohkan dari Nassim Nicholas Taleb, penulis buku Black Swan yang oleh The Sunday Times dimasukkan dalam daftar 12 buku paling berpengaruh sejak Perang Dunia II. Menurut Taleb, Bitcoin cs adalah gimmick yang terlalu fluktuatif untuk menjadi mata uang dan sangat tidak aman untuk menjaga investasi dari risiko inflasi.

Lebih jauh lagi, Taleb menilai Bitcoin dkk mirip skema ponzi yang parahnya dilakukan secara terbuka. Mereka yang tergiur dengan iming-iming kenaikan luar biasa akan berbondong-bondong masuk.

Well, kalau bicara cuan, Bitcoin dkk memang sangat menggiurkan. Mari kita bandingkan dengan aset-aset lain.

Kita pakai Bitcoin saja yang paling konservatif tetapi bisa menghasilkan gain hampir 75% secara year-to-date.

Untuk saham, dalam periode yang sama indeks S&P 500 naik 11,12%, MSCI Asia-Pasifik bertambah 5,45%, dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hanya menguat 0,63%.

Juga dibandingkan dengan komoditas. Harga logam mulia malah sedang ngos-ngosan.

Secara year-to-date, harga emas anjlok 6,3% sementara perak terkoreksi 1,43%.

Kalau semata melihat cuan, Bitcoin dkk memang sangat menggiurkan. Namun ingat, semakin tinggi keuntungan tentu risiko bakal semakin tinggi pula.

High risk, high gain. Seperti kata Taleb, pergerakan harga mata uang kripto bisa sangat signifikan secara harian sehingga investor perlu latihan jantung.

Selain Taleb, berbagai otoritas juga telah memperingatkan tingginya risiko mata uang kripto. Misalnya Janet Yellen, Menteri Keuangan AS, yang menyebut mata uang kripto sangat berbahaya karena bisa dipakai untuk aktifitas ilegal.

Gimana? Masih mau investasi pada Bitcoin? Namanya usaha ada kalanya gagal ada kalanya berhasil. 


Sekian, terima kasih sudah berkunjung ke alhuda14.net, jangan lupa tinggalkan komentar pada kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cuan Bitcoin Bisa Ngalahin Saham Dan Emas"