Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selain Unilever Indonesia Perusahaan Kelas Dunia Ini Pernah Listing di BEI loch


alhuda14.net
- Saham Pfizer pernah listing di Bursa Efek Indonesia? 

Keren sih, dulu banyak saham-saham perusahaan multifungsional yang listing di Bursa waktu masih zaman BEJ dan BES. 

Bahkan sekelas Pfizer Indonesia aja pernah listing di bursa saham kita. 

Coba dicek dulu historynya sampai akhirnya delisting dari bursa saham Indonesia.

Komatsu Indonesia

Komatsu Indonesia mencatatkan sahamnya di BEI pada tahun 1995, seiring dengan pembangunan pabrik batu barunya. Namun pada 2006 lalu, Komatsu Indonesia akhirnya pergi-kebijakan kebijakan dari Komatsu Global. 

Bayer Indonesia 

Anak perusahaan Farmasi asal Jerman ini sempat tercatat di BEI sejak 1982 dengan kode BYSP & BYSB. Pada 2004 lalu Bayer melakukan go-private dengan harga penawaran tender Rp 28.000, padahal harga di pasar hanya sekitar Rp 6.800.

Pfizer Indonesia 

Anak usaha farmasi asal AS, Pfizer Inc. di bursa efek Jakarta pada 1983 dan 1994 di bursa efek Surabaya. Namun pada 2002, Pfizer Inc. mengambil alih seluruh saham Pfizer Indonesia. 

Miwon Indonesia 

Perusahaan yang tekenal dengan penyedap rasa Miwon ini pernah tercatat di bursa saham Indonesia dengan kode MWON. Hanya bertahan sekitar 8 tahun, pada 2003 silam MWON akhirnya bisa melakukan privatisasi usahanya. 

Ada banyak alasan perusahaan go-private salah satunya biar kendali utama ada di induk usaha mereka dan menjadi lebih fokus. Memang  pada akhirnya mereka lakukan go-private, tentu dengan berbagai alasan. Biasanya mereka ingin seluruh kendali perusahaan ada di grup internal itu sendiri sehingga pengembangan bisnisnya lebih fakus. 

Selain itu mereka juga berupaya melawan biaya modal, karena bayar dividen ke investor juga merupakan biaya bagi perusahaan. 

Seandainya perusahaan multinasional ini masih ada di BEI kalian pilih yang mana?

Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Bursa Saham Indonesia. Semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih sudah di  berkunjung di alhuda14.net terima kasih.

Posting Komentar untuk "Selain Unilever Indonesia Perusahaan Kelas Dunia Ini Pernah Listing di BEI loch"