Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini 5 Jalur Transportasi Laut Penting Dunia, Selain Terusan Suez



Terusan Suez - Terusan Suez belakangan ini menjadi perhatian masyarakat dunia karena satu kapal raksasa Ever Given, karam sehingga menyebabkan kemacetan di jalur perdagangan global yang telah dibangun sejak masa Fir'aun tersebut .

Terusan Suez sendiri merupakan jalur yang menghubungkan antara Laut Merah dan Laut Tengah. Jalur atau kanal ini menjadi jalan alternatif dari Eropa ke Asia maupun sebaliknya. Sehingga jika ingin ke sisi selatan Afrika tidak perlu memutar.


1. Terusan Panama

Terusan Panama adalah terusan yang memotong tanah genting Panama sepanjang 82 km. Memotong Amerika Utara dan Amerika Selatan serta menghubungkan Samudera Pasifik Samudera Atlantik. Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan dan menjadi terusan sibuk di dunia.


2. Selat Bosphorus

Selat yang memisahkan turki bagian Eropa dan bagian Asia serta menghubungkan Laut Marmara dengan Laut Hitam ini memiliki panjang 30km, dengan lebar maksimum 3.700 meter pada bagian utara dan minimalis 750 meter antara Anadoluhisari dan Rumelihisari. Ada dua jembatan yang menyeberangi Selat Bosphorus, yang pertama adalah Jembatan Bosphorus dan Jembatan Fatih Sultan Mehmet.


3. Selat Hormuz

Selat Hormuz terletak antara Oman dari Iran. Menghubungkan jalur laut dari negara-negara di teluk seperti Irak, Kuwait, Arab Saudi, Bahrain, Qatar dan Uni Emirat Arab dengan Laut Arab dan sekitarnya. Maka tak heran jika Selat Hormuz merupakan rute paling penting terkait transportasi penjualan minyak di dunia.


4. Selat Malaka

Selat Malaka merupakan selat antara semenanjung Melayu (semenanjung Malaysia) dan Pulau Sumatera, Indonesia. Dari perspektif ekonomi dan strategi, selat Malaka merupakan salah satu jalur pelayaran paling penting di dunia. Selat Malaka merupakan jalur pengiriman utama antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.


5. Selat Gibraltar

Selat Gibraltar adalah selat sempit yang menghubungkan samudra Atlantik ke laut Mediterania dan memisahkan Spanyol si Eropa dari Maroko di Afrika. Selat yang berfungsi sebagai jalur transportasi laut ini memiliki sumber daya perikanan yang melimpah. Juga menjadi pusat perekonomian masyarakat.


Itu tadi di antara nama-nama jalur transportasi laut yang penting di dunia.

Sekian yang dapat kami sampaikan pada pembahasan jalur laut yang berpengaruh di dunia. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke alhuda14.net

Posting Komentar untuk "Ini 5 Jalur Transportasi Laut Penting Dunia, Selain Terusan Suez"