Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Founder Tesla Yang Sebenarnya Bukan Elon Musk? Lah Terus Siapa?


Telsa  -yang selama ini selalu diindektikan dengan Elon Musk, tapi ternyata Elon Musk bukanlah founder utama telsa, terus siapa founder sebenarnya?



Meskipun sekarang Telsa sangat identik dengan namanya, ternyata Elon Musk bukanlah pendiri dari perusahaan kendaraan listrik ternama dunia.

Awalnya Telsa didirikan oleh 2 insinyur Silicon Valley bernama Martin Eberhard dan Marc Tarpenning pada tahun 2003 dengan nama Telsa Motors.

Lalu kenapa Telsa bisa melekat dengan Elon Musk ya? Dan apa yang terjadi dengan pendirinya?

Telsa Motors awalnya, perusahaan ini hanyalah Martin Eberhard dan Marc Tarpenning. Tujuan Telsa didirikan adalah membuktikan mobil listrik lebih baik dibandingkan mobil dengan minyak.

Lalu beberapa bulan kemudian, Ian Wright masuk dan menjadi karyawan ketiganya. PADA Januari 2004, ketiganya mulai mencari Venture Capital (VC) untuk mendanai Telsa.

Elon Musk dan Telsa

Para pendiri terdahulu Telsa pertama kali bertemu dengan Musk dalam acara untuk anggota Mars Society, jauh sebelum SpaceX berdiri 

Eberhard dan Tarpenning berhasil membawa Elon sebagai investor dan memberikan dana sebesar US $ 6,5 juta atau setara Rp 91 miliar (kurs Rp 14.000) untuk Telsa.

Di tahun 2007, Eberhard dipecat dari perusahaan yang ia rintis.

Musk mengambil alih dan mengontrol seluruh perusahaan, hingga menjadi CEO Telsa di tahun 2008. Setelah menjadi CEO, ia langsung memangkas karyawannya hingga 25%.

Telsa dan Musk Dituntut Perintisnya

Pada tahun 2009, Eberhard dan Tarpenning mengajukan gugatan pengadilan terhadap Musk dan Telsa, dengan dikirim keluar dari perusahaan yang telah mereka bangun.

Akhirnya, gugatan pengadilan mencapai kesepakatan antara Eberhard dan Telsa, yang menyatakan salah satu pendiri Telsa adalah Martin Eberhard, Mark Tarpenning, JB Straubel dan Elon Musk.

Eberhard, meskipun sudah tidak berubah menjadi petinggi Telsa, Eberhard mengaku masih mendukung, juga memegang saham. Ia yakin bahwa kendaraan listriklah kunci untuk melindungi bumi.

Sekarang, Eberhard mengerjakan teknologi untuk membuat baterai kendaraan listrik yang lebih terjangkau, tanpa harus keselamatan, daya, atau kualitas.

Sedangkan dengan Tarpenning saat ini, mengaku masih sering Berbicara dengan Musk. Ia tidak mengundurkan diri dari Telsa pada saat mereka sedang mengembangkan Telsa Model S.

Sekarang, ia juga aktif sebagai partner dengan Spero Ventures Pierre Omidyar.

Sekian yang dapat kami sampaikan pada pembahasan pendiri Telsa. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di alhuda14.net

Posting Komentar untuk " Founder Tesla Yang Sebenarnya Bukan Elon Musk? Lah Terus Siapa?"