Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

MACAM-MACAM MANFAAT BUAHCEPLUKAN


alhuda14.net
- Dulu tak dilirik sekarang harga buah ini fantastis. Ternyata khasiat ceplukan terbukti sejak zaman Romawi.

   Kini buah ceplukan banyak diburu karena harganya selangit. Di Brunei sebijinya bisa dihargai Rp.10ribu. sementara di mall di kota besar di Jakarta sekilonya bisa mencapai Rp. 500 ribu. Di Indonesia ceplukan ini bisa dijumpai di banyak daerah. Tanaman ini tumbuh liar di lahan kosong, pekarangan rumah, atau tempat lain yang tanahnya tidak becek, baik di dataran rendah maupun tinggi.

Khasiat tanaman ceplukan sebagai obat tradisional.

1. Diabetes millitus caranya : Ambil pohon ceplukan yang sudah berbuah, cabut sampai akarnya, cuci bersih, layukan, setelah layu rebus dengan 3 gelas air hingga air tinggal 1 gelas, saring dan diminum 1 x sehari.

2. Sakit paru-paru, batuk Rejan (pertusis), bronchitis (radang saluran napas), gondongan (paroritis), pembengkakan buah pelit (orchitis).

   Ambillah pohon ceplukan lengkap dari pohon, buah, daun, batang dan akarnya, cuci bersih, rebus dengan 3-5 gelas air hingga mendidih, saring, minum 3 x sehari 1 gelas setiap kali minum.

3. Ayan.

  Ambil 8-10 butir buah ceplukan yang sudah masak. Dimakan setiap hari secara rutin.

4. Borok.

  Ambil 1 genggam daun ceplukan tambah 1 sdm air kapur sirih, tumbuk sampai halus, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

5. Bisul.

  Ambil daun ceplukan sebanyak 1/2 genggam dicuci bersih lalu digiling halus. Tempelkan pada bisul, lalu dibalut. Diganti 2 kali sehari.

6. Influenza dan sakit tenggorokan.

   Tumbuhan ceplukan (semua bagian) yang sudah dipotong-potong seukuran 3-4 cm dijemur, lalu dibungkus agar tidak lembab lagi. Kemudian ambil kira-kira sebanyak 9-15 gram direbus, airnya diminum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan dan atau petunjuk resep.


Source //saran.dokter

Posting Komentar untuk "MACAM-MACAM MANFAAT BUAHCEPLUKAN"