Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

ASAL USUL Menyebut Nabi IBRAHIM Dalam Tahiyat

 


alhuda14.net - Kalian tau nggak??? Asal usul kenapa kita menyebut nabi Ibrahim dalam Tahiyat??

  Setelah Alloh menciptakan manusia pertama yaitu nabi Adam AS. Kalimat pertama yang dilihat oleh nabi Adam adalah kalimat syahadat yang berbunyi :

لَا اِلهَ اِلاّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّه



(Laa illaha illallah, Muhammad-ar-rasulullah).

Lalu, nabi Adam bertanya kepada Alloh tentang siapakah sosok Muhammad itu? Lalu Alloh menjawab pertanyaan nabi Adam. Alloh menjawab bahwa Dia (Muhammad) adalah rasul terakhir atau penutup para rasul dan nabi, dan Dia (Muhammad) adalah yang paling mulia diantara semua rasul. Umat Rosulullah juga diberi kemuliaan atas umat-umat yang lain.

  Kemudian nabi Adam memohon kepada Alloh supaya ia diberi anugerah oleh Alloh, yaitu ia cukup ingin menjadi umat Muhammad Saw. Namun Alloh menolak permintaan Adam.

   Begitu juga dengan Nabi-nabi yang lainnya, seperti nabi Musa. Sehingga Alloh sendiri menegur nabi Musa agar ia ridlo dengan segala sesuatu yang Alloh telah karuniakan kepadanya. Banyak nabi yang memohon kepada Alloh agar bisa menjadi umat Muhammad, namun tidak ada satupun yang Alloh kabulkan.

    Begitu pula nabi Ibrahim, saat beliau memohon agar dapat menjadi umat Muhammad Alloh menolak permintaanya.

  Namun Alloh menjanjikan kepada nabi Ibrahim bahwa nabi Muhammad akan lahir dari garis keturunannya. Selain itu, nama Ibrahim juga akan selalu disebut-sebut oleh Rorulullah dan umatnya setiap saat.

  Oleh karena itu, dalam setiap shalat kita selalu menyebut nama Ibrahim dalam setiap Tahiyat. Seperti yang Alloh janjikan kepada Ibrahim bahwa namanya akan selalu disebut-sebut oleh umat Rosulullah Saw.


Referensi : Ensiklopedia Sholat.

Posting Komentar untuk "ASAL USUL Menyebut Nabi IBRAHIM Dalam Tahiyat"