Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sejarah Sunan Gresik Penyebar Agama Islam Pertama Kali di Tanah Jawa

alhuda14.net - Sejarah Sunan Gresik Penyebar Agama Islam Pertama Kali di Tanah Jawa beliau merupakan salah satu anggota dari Wali Songo. Sunan Gresik juga memiliki nama asli yaitu Maulana Malik Ibrahim. Sunan Gresik juga merupakan seorang wali tertua diantara Walisongo lainnya yang hadir dalam menyiarkan agama. Beliau juga memiliki nama panggilan lain misalnya Syekh Maghribi.

Sebagian masyarakat juga menyebut nama beliau dengan sebutan Kakek bantal. Maulana Malik Ibrahim beliau merupakan saudara dari Maulana Ishak. Yang di mana beliau merupakan seorang ulama besar yang juga sangat terkenal di daerah Samudera Pasai. Beliau juga merupakan ayah dari Sunan Giri dan Raden paku. simak juga tentang  kisah Sunan Ampel

sejarah Sunan Gresik
sejarah Sunan Gresik

Nama-Nama Asli dari Sunan Gresik

Menurut sejarah Sunan Gresik  juga mempunyai nama asli yaitu Maulana Malik Ibrahim, yang terdapat konkrit mengenai penjelasan tentang asal keturunan dari Sunan Gresik. Akan tetapi telah disepakati bahwa beliau merupakan asli orang Jawa. Sunan Gresik memiliki sebutan Syekh Maghribi yang dibuat oleh masyarakat. sehingga terdapat kemungkinan juga bahwa beliau berasal dari daerah Afrika Utara atau daerah Maroko.

Menurut tulisan yang terdapat di naskah tanah Jawa, Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim juga mempunyai nama Makdum Ibrahim As-samarqandi. Sementara itu terdapat hal yang berbeda yang telah dijelaskan menurut buku the History Of Java yang telah menceritakan mengenai asal-usul dan asal mula perkembangan dari kota Gresik.

Pada buku tersebut menyebutkan bahwa sejarah Sunan Gresik  merupakan seorang penderita yang asalnya dari daerah Arabia. Beliau juga merupakan keturunan dari Zainal Abidin yang merupakan sepupu dari raja chermen.Ssehingga pada buku tersebut dikatakan bahwa Maulana Malik Ibrahim berasal dari daerah dari negeri Arab.

Berdasarkan bacaan Prasasti makam Maulana Malik Ibrahim, silsilah beliau merupakan salah satu silsilah yang terkuat. Dalam prasasti gapura Wetan telah didapatkan kesimpulan bahwa Maulana Malik Ibrahim berasal dari salah satu daerah kasihan yaitu di Iran.

Kedatangan Sunan Gresik Ke Pulau Jawa

Kedatangan Sunan Gresik ke pulau Jawa yang bertujuan untuk dan juga untuk menyebarkan agama, sekitar tahun 801 Hijriyah. Menurut sejarah Sunan Gresik  daerah pertama yang beliau singgahi yaitu di daerah leran. lalu, Beliau menyebarkan agama Islam di tanah Jawa tepatnya di Jawa Timur. Beliau juga membangun dan mendirikan Masjid pertama, yang letaknya di daerah desa pasucinan Manyar. Di samping Sunan Gresik memulai untuk kegiatan dakwah di Leran, Beliau juga memulai beberapa usaha dalam berdagang di desa Romoo.

Desa Romoo merupakan desa yang terletak 4 km dari arah timur desa Leran. Dan juga di daerah tersebut sangatlah cocok untuk daerah perdagangan. Pada bagian utara merupakan Laut Jawa dan di sebelah timur yang merupakan pelabuhan yang Gresik. Sehingga tempat itu sangat cocok sekali  untuk transaksi jual beli. Di samping beliau menawarkan barang dagangannya. juga memiliki tujuan untuk mempelajari berbagai bahasa daerah masyarakat yang terdapat di sana.

Dengan melakukan hal tersebut beliau akan mudah berkomunikasi kepada masyarakat daerah yang bertujuan untuk berdakwah dalam menyebarkan agama Islam. Dalam sejarah Sunan Gresik juga Belajar berbagai bahasa. Hal itu bagian dari strategi beliau dalam berdakwah. Sunan Gresik juga sangat aktif dalam membantu para masyarakat yang membutuhkan pengobatan. Beliau juga memberikan pengobatan gratis bagi para masyarakat yang sangat memerlukan.

Syekh Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik lebih dikenal oleh banyak masyarakat keramahan dan juga kebaikan hati yang dimilikinya. Setelah waktu berjalan 2 tahun, kegiatan dakwah sunan Gresik berjalan dengan cara berdakwah dari satu tempat menuju ke tempat lainnya dan juga berdagang. Akhirnya nama dari Sunan Gresik telah terkenal sampai ke kalangan bangsawan Kerajaan Majapahit.

Dan menurut sejarah Sunan Gresik setelah Raja Majapahit menyatakan kemauannya untuk menerima kedatangan dari Sunan Gresik. Lalu beliau bersiap-siap untuk menuju ke pusat Kerajaan Majapahit. Dan disanalah Sunan Gresik menyampaikan ajaran-ajaran Islam. Raja Brawijaya pun terlihat sangat terkesan dengan budi pekerti dan juga sopan santun yang dimiliki oleh Sunan Gresik.

Akan tetapi, Raja Majapahit tersebut belum bersedia untuk memeluk ajaran agama Islam. Akan tetapi, Sunan Gresik tidak membuat putus asa dengan tidak bersedia nya Raja majapahit untuk membantu agama Islam. Beliau pun meminta izin kepada raja untuk melakukan dakwah di sekitar area Majapahit. Lalu, beliau mulai menyebarkan ajaran ajaran ilsam kepada masyarakat di majapahit

Perjuangan Perjuangan Sunan Gresik dalam Menyebarkan Agama Islam

Ketika ditanah Jawa, dalam sejarah Sunan Gresik beliau bukan hanya dihadapkan kepada masyarakat yang beragama lain yaitu agama Hindu. Akan tetapi Beliau juga harus menghadapi dan juga mempunyai kesabaran yang sangat tinggi dalam menghadapi orang-orang yang tidak memiliki agama. Beliau juga berusaha untuk meluruskan pemikiran orang yang telah menganut ajaran Islam dan masih melakukan kegiatan bercampur dengan kegiatan musyrik.

Cara beliau dalam menghadapi orang-orang tersebut yaitu dengan cara secara tidak langsung menentang kepercayaan dan juga kegiatan yang telah mereka yakini. Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik melakukan pendekatan demi pendekatan dengan cara yang halus dan juga sangat bisa diterima bagi masyarakat. Beliau juga menunjukkan keindahan dan juga akhlak Islami yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Dan menurut sejarah Sunan Gresik dari tulisan batu nisan Sunan Gresik diketahui bahwa Sunan Gresik merupakan orang yang sangat suka menolong orang miskin. Benar juga sangat dihormati para Sultan dan juga para pangeran. Karena hal tersebut dapat memperlihat kan bahwa beliau merupakan seorang yang yang mempunyai kepribadian sangat bagus dan juga hebat. Beliau bukan hanya terkenal pada kalangan atas nama Beliau juga terkenal hingga ke rakyat bawah.

Menurut literatur juga Sunan Gresik atau kakek bantal merupakan ahli dalam pengobatan dan juga ahli dalam pertanian. Sejak beliau tinggal dan menetap di Gresik, hasil pertanian sawah dan juga ladang masyarakat sangat meningkat pesat. Banyak juga orang-orang yang sakit di daerah tersebut berobat kepada beliau masyarakat-masyarakat tersebut diberikan pengobatan dengan menggunakan daun tertentu yang mempunyai khasiat untuk pengobatan.

Menurut sejarah Sunan Gresik, beliau juga mempunyai sifat yang sangat ramah serta belas kasih kepada semua orang.Sifat yang ramah tersebut banyak tidak membedakan agama muslim maupun agama non muslim. dengan hal tersebut membuat beliau banyak dikenal sebagai tokoh masyarakat yang amat dihormati. perhatikan juga Kisah Seorang Sunan Gunung Jati

Dan juga banyak sekali hal-hal yang baik dapat kita diambil dari kisah perjuangan Shekh Maulana Malik Ibrahim dalam menyebarkan ajaran agama islam. Beliau juga bisa merangkul dan juga berbaik hati kepada semua orang. Meskipun orang tersebut pernah berbuat jahat kepada dirinya. Itulah sejarah Sunan Gresik yang dapat Anda ambil hikmahnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Sejarah Sunan Gresik Penyebar Agama Islam Pertama Kali di Tanah Jawa"