Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Nilai Pesan Moral Dari Semua Sejarah Sunan

alhuda14.net - Nilai Pesan Moral Dari Semua Sejarah Sunan - Selama ini kita pernah mendengar berbagai macam informasi dan sejarah dari setiap Sunan. Ada banyak nama Sunan ternama seperti Kalijaga, Sunan Muria, Sunan Kudus, Sunan Ampel, dan masih banyak lainnya. Dari sinilah kita bisa melihat ada beberapa pesan moral yang perlu dihadirkan dan dipahami. Sebab sekarang ini masih banyak masyarakat belum mengetahui pesan moralnya.

Melihat perjalanan hidup setiap Sunan yang bisa masuk dalam Walisongo tersebut memang kerap memberi pengalaman baik bagi kita semua. Tidak semua perjalanan hidup Sunan mengalami kondisi yang baik dan bahkan pada faktanya ada beberapa Sunan hidup dalam kondisi susah bahkan menjadi seorang raja sekalipun.

Sejarah Sunan
Sejarah Sunan

Nilai Pesan Moral Dari Semua Sejarah Sunan

Selalu Bertaqwa Pada Tuhan

Inti dari berbagai kisah hidup dan kisah sejarah Sunan bisa kita dapatkan nilai moralnya yakni selalu bertakwa kepada Tuhan dan sebisa mungkin patuhi semua aturan dan hindari larangannya. Ada beberapa kisah dari Sunan ternama seperti Kalijaga dan Sunan Muria hingga beberapa Sunan lainnya hidup dalam kondisi tidak bergelimang harta. Sehingga dari nilai takwa dalam menjalani hidup semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

Pada kisah hidup setiap Sunan pastinya mengajarkan banyak petuah seputar agama dan akhirnya masyarakat menjadi pengikutnya dan mematuhi semua ajaran agama. Mendekatkan diri dengan Tuhan akan membuat hati kita merasa nyaman, tentram dan akhirnya bisa memberi pengalaman baik bagi banyak orang. Itulah sebabnya, setiap Sunan mengajarkan aturan agama lebih baik kepada banyak orang.

Jangan Memiliki Sifat Rakus dan Gila Harta

Gaya hidup dari berbagai Sunan di seluruh tanah air pastinya tidak bergelimang harta. Kisah hidup dari setiap Sunan memiliki beberapa aturan yang sebisa mungkin menghindari sifat rakus dan gila harta. Sebab dari sifat tersebut menjadi tanda bahwa iman seseorang masih percaya penuh terhadap harta dibandingkan Tuhannya. Sehingga dalam sejarah Sunan ada banyak petuah yang mendekatkan diri kita terhadap hidup sederhana.

Kehidupan bergelimang harta justru tidak memberi manfaat lebih baik. Sehingga ada beberapa poin utama yang selama ini dikembangkan dalam bentuk sifat dasar dari setiap Sunan untuk bisa memperlihatkan sifat baik dan mengerti bagaimana efek buruk dari sifat rakus dan gila harta. Pada akhirnya masyarakat diharapkan untuk bisa memiliki karakter baik dalam berkehidupan hingga tidak terpengaruh jabatan dan kekuasaan.

Menerapkan Kasih Sayang di Kehidupan Sehari-Hari

Pada dasarnya kisah hidup dari semua Sunan memiliki manfaat tepat bagi banyak kalangan masyarakat umum. Maka dari itu penerapan kasih sayang di kehidupan sehari-hari sebisa mungkin bisa menerapkan bagaimana kehidupan sehari-hari harus menerapkan rasa kasih sayang terhadap sesama manusia dan umat beragama seperti kisah sejarah Sunan ternama di tanah air.

Kasih sayang banyak memberi manfaat terhadap kehidupan manusia. Sudah banyak bukti bahwa kehidupan para Sunan di tanah air memiliki banyak manfaat dan akhirnya bisa menerapkan bagaimana rasa kasih sayang di kehidupan sehari-hari bisa diterapkan dengan mudah. Jangan fokus pada harta saja, tetapi sebisa mungkin lakukan hal baik kepada sesama manusia hingga memperlihatkan rasa kasih sayang di sekitar kita.

Selalu Berjuang Demi Masyarakat Kecil dan Lemah

Kisah perjuangan dari beberapa Sunan telah melewati masa-masa sulit dalam menghadapi penjajah. Bukan hanya dari penjajah Belanda saja, tetapi dari penjajahan masyarakat sendiri juga harus dicermati. Seperti halnya perjuangan Sunan Kuning yang berani melawan sistem perdagangan VOC di berbagai daerah. Dari sejarah Sunan yang bisa kita pelajari memang masih kental dengan unsur perjuangan masyarakat kecil.

Tidak hanya itu, perjuangan dari setiap Sunan juga bisa memperlihatkan kepada kita bahwa ada beberapa perjuangan yang selalu ikut dihadirkan sebagai langkah tepat untuk menjaga harkat dan martabat dari kalangan masyarakat kecil dan lemah. Itulah sebabnya, ada beberapa kisah dari Sunan ternama di tanah air yang cenderung menggunakan sisa hidup mereka untuk berjuang melawan penjajah.

Jangan Mudah Tergoda Oleh Harta dan Kekuasaan

Harta dan kekuasaan adalah hal penting yang harus dicermati bahkan dihindari karena bisa membuat perubahan karakter seseorang. Dari pesan-pesan semua Sunan mayoritas memberi himbauan bahwa jangan mudah tergoda oleh harga dan kekuasaan. Dalam hal ini sejarah Sunan memberi pengalaman kepada kita bahwa godaan harta dan kekuasaan justru membuat hidup kita menjadi kurang bermakna.

Ada baiknya dari kekuasaan dan harta tersebut digunakan untuk kegiatan lebih baik seperti beramal ke masyarakat miskin ataupun bisa langsung memberikannya ke warga kurang mampu. Jangan semena-mena terhadap kekuasaan yang sedang diemban. Sebab dari kekuasaan seseorang tidak akan dibawa mati. Karena itu kita sebagai manusia harus menimbang dan menggunakan kekuasaan dan harta untuk hal baik.

Taatlah Dalam Beragama

Mengikuti semua anjuran dalam agama adalah kewajiban yang sering diutarakan oleh para Sunan. Dari beberapa kesimpulan sejarah Sunan di masa lalu bisa kita lihat ada banyak ketaatan yang selama ini diperlihatkan. Ketaatan dalam menjalankan ibadah, kemudian bagaimana seorang Sunan tetap menjalankan perintah agama serta menghindari semua larangannya. Sehingga kita bisa melihat bagaimana langkah tepat untuk belajar dalam ilmu agama hingga memberi nilai manfaat.

Pada dasarnya ketaatan dalam beragama menjadi cikal bakal kehidupan seseorang menjadi lebih bermanfaat. Maka dari itu Anda perlu mencoba mengerti bagaimana sistem terbaik dalam menjalankan ibadah agama sesuai aturan dan anjuran dari para Sunan. Selain itu, sebisa mungkin Anda menjalankan aturan agama sesuai kaidah dan akhirnya bisa memperlihatkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Berperilakulah Sederhana

Sederhana menjadi kata kunci kehidupan para Sunan. Tidak ada harta melimpah, kekuasaan dan jabatan tinggi, serta tidak tergoda oleh harta menjadi sikap sederhana yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu Anda perlu mencoba berperilaku sederhana di kehidupan sehari-hari. Sehingga dari beberapa poin utama dalam pengembangan sikap dan perlaku berdasarkan sejarah Sunan bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Sikap-sikap sederhana dari para Sunan sebaiknya Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Banyak kalangan menilai kehidupan Sunan memang bisa diterapkan di aktivitas sehari-hari. Sehingga dalam beberapa sejarah para Sunan terlihat adanya sarana penting seperti ibadah dan juga menjalankan kegiatan beramal lebih banyak untuk mendapatkan pengalaman seperti para Sunan.

Selalu Bersifat Jujur di Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari sebisa mungkin terapkan sifat dan karakter jujur. Kehidupan para Sunan pastinya tidak pernah berkat bohong sehingga dalam hidup akan ada ketentraman hati dan sebisa mungkin bisa dihadirkan dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Jujur adalah konsep hidup yang dianggap penting hingga menjadi komponen penting di dalam sejarah Sunan.

Berdasarkan beberapa kisah sejarah Sunan akan ada banyak peluang bagi kita untuk belajar kembali mengenai bagaimana cara tepat dalam menjalani hidup. Sehingga ada bagian-bagian penting yang dapat dicermati sebagai langkah tepat untuk mengedepankan sifat jujur dan beberapa potensi kebaikan dalam hidup.

Posting Komentar untuk "Nilai Pesan Moral Dari Semua Sejarah Sunan"